Ketika gembala gereja kami pindah ke runggun lain.

Ketika gembala gereja kami pindah ke gereja lain…
Aku merasa kecewa euy. Tumben.. jelas2 aku gak pernah terlalu peduli mau pendeta sapa aja, ya pasti Tuhan yang berbicara lewat dia …gak masalah sapa orangnya.

Tapi kenapa saat pendeta kami ini pindah, aku gak bisa merasa cuek.
Aku merasa kehilangan. Dia tahu pergumulanku mengenai usaha, jodoh dll. Saat pindah ke pancur batu untuk merintis usahaku yang saat ini kujalankan, ia yang membantu dalam doa. Dan sampai saat ini aku masih membutuhkan bantuan doa dari pendetaku.

Toko ku saat ini sudah berjalan dengan baik. Aku merasa bersyukur dan berterima kasih atas pelayanan doa nya. Ketika aku mendapat rejeki , aku teringat akan pelayanannya dan merasa berterima kasih di hati ini. Aku merasa Tuhan yang membuatku teringat padanya. Meski dengan tegar dan mantap kujalankan usahaku ini, kadang masih takut juga mengenai kedepannya. Berada dalam situasi dimana pendeta mengenal dan mengetahui pergumulan ku ini, membuat ku tenang dan bisa terbantu mengatasi ketakutan itu. Tapi bagaimana dengan kedepannya kalau begini jadinya.

Hari minggu barusan ini, saat bersalaman di pintu keluar, aku menyalaminya. Dan kusempatkan menyapanya, dan bilang
‘wah pindah ya kak’.
‘Iya neh…. Padahal belum sempat dapatkan jodoh buatmu ya… 🙂  ‘ balasnya.

Aku gak tahu apakah pantas aku merasa sedikit kecewa. Dan kalaupun boleh kecewa, ke sapa kecewanya? Apakah pada pendeta itu atau pada Tuhan? Atau kepada Klasis atau apalah yang berwenang memindahkannya?

Bukankah saat gembala sidang melayani di suatu tempat, ia terikat juga dengan janji melayani pergumulan jemaatnya.  Nah…saat dia pindah bagaimana dengan pergumulan jemaat yang ditinggalkannya.
Kan tentunya orang baru tidak tau pergumulan satu persatu jemaatnya.

Apakah tongkat komando atau estafet bisa dijalankan; akankah serah terima tugas dan kondisi terlaksana dengan sempurna; sehingga pergumulan jemaat tidak mengalami gangguan sama sekali. Wah saya yakin gak mungkin itu. Ini bukan militer yang sistem komandonya bagus.

Tapi aku mau bentuk mentalku saat ini bahwa , besar kemungkinan perasaanku ini yang salah. Apa lagi ini baru pengalaman pertama aku benar2 membutuhkan dukungan doa dari pendeta gereja dimana aku berada di dalamnya, dan merasa kehilangan. Bisa jadi pemikiranku yang tidak tepat saat ini.
Karena apapun itu, pasti Bapa disorga melihat kepindahan ini, dan berkehendak. Pasti jelas akan lebih baik dan lebih maksimal ia melayani di tempat barunya itu nanti. Sangat komplek pasti pertimbangannya, dan akalku yang kecil ini pasti tidak bisa menyelaminya bahkan untuk sekedar menebak nebak.

Bisa apa otakku ini memikirkan mengenai estafet atau serah terima pelayanan yang tentunya bersifat spiritual dan melibatkan malaikat dan perkenanan Tuhan.
Sudah pasti kepindahan ini jauh menjadi berkat buat ia dan keluarganya, pelayanannya, kesehatannnya, dan jemaat di tempat barunya.

Kupikir peranku tinggal berdoa juga agar kepindahan ini menjadi berkat buat ku, dan jemaat gereja kami . Semoga pendeta baru bisa kenal, cocok, dan menggembala kami dengan mantap.
Doaku  semoga kam, kak pendeta, bisa to the next level dalam pelayanan, kesehatan, berkat, hikmat, dan pendidikan di tempat tugas yang baru nanti.
Oya, meski tak sempat terucap, mohon maaf kak kalau aku ada salah sikap atau omongan selama ini. (pasti ada neh).

GBU.

Ketika gembala gereja kami pindah ke runggun lain ; by Dody Yordan

Advertisements
Posted in Rohani | Tagged , , , , , , , | 2 Comments

Penyebabnya adalah ‘agama’ kita lihat aja nanti

Seperti hidup dengan lingkungan yang tidak sehat, begitu juga hubungan ini.
Hubungan tidak sehat ( dibidani oleh suatu keputusan sikap yang tak jelas, bermuara dari satu ‘agama/paham’) ini lama-lama akan kolaps digerogoti oleh bakteri, penyakit yang menyerang.

Dari hari itu sebagai awalnya, aku sudah mengkawatirkan bila begini statusnya maka berarti ada benih kecurigaan, benih pemikiran negatif, benih perselisihan yang mana akan menimbulkan banyak pertengkaran dan perbedaan yang tak terjembatani.

Akhirnya kekawatiran itu terjadi juga. Dalam 3 hari, 2 pertengkaran terjadi. Hanya karena masalah yang sebenernya kalau orang lain yang melihat itu adalah hal sepele. Kedua nya sama-sama disebabkan yang satu pihak merasa hal sepele sementara di pihak lainnya berpikiran lain. Akibatnya terjadi salah paham, kesal, kecewa, pikiran buruk, salah omong, marah dan ribut dah.

Entah ini awal atau akhir dari gerogotan ‘penyakit’ itu. Hanya kata ‘maaf’ saja yang bisa kucoba untuk menutup malam ini. Walau sempat berdoa untuk menenangkan diri, tetap terasa hambar karena hati masih panas. Setidaknya namanya masih kusebut, agar ia tenang tidur malam ini. Yahh karena aku masih sayang sama dia. Seperti koin aja lho…saat kita marah itu. Emosi di sisi satu,sisi baliknya rasa sayang. 2 sisi itu tidak bisa hilang , pasti ada. Hanya tinggal kapan sisi emosi menghadap atas, kapan sisi baliknya membalik menghadap atas.

Mengenai kedepannya biar lah aku ikutin ‘wise-word’ dia: kita lihat aja nanti. Sebenarnya aku gak bisa banget hidup dengan menganut ‘agama’ kita lihat aja nanti.  Tapi mengucapkannya ternyata enak juga. Karena memang ‘paham’ itu mengartikan bahwa kita yang mengucapkannya udah melepas tanggung jawab, sehingga terasa enak. Tidak ada komitmen, tidak ada beban untuk melunasi/mewujudkan, tak mau tahu, what will be will be dan sejenisnya. Sementara apa yang tidak ada beban pasti terasa ringan, apa yang ringan pasti enak. Makanya enak-enak aja juga kalau kita ucapkan itu.. kita lihat saja nanti. Tapi jangan jadi ‘agamamu’ ya, para pembaca. Bagaimanapun itu tidak bagus, tidak gentleman ataupun lady. 🙂

Semoga nanti ku masih bisa berdoa dengan tenang, setelah aku tuangkan sebagian energi berlebih ku ini ke dalam tulisan. Untung ada wordpress bisa jadi penyaluran emosi.
Tuhan, aku mau mengingat firmanMu, sebagaimana Rasulmu, Paulus menulis. “aku tahu kepada siapa aku percaya. dan aku yakin Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku…sampai pada hari..”
Disini kuartikan sampai pada saatnya.. apakah pada akhirnya nanti aku mendapatkan atau merelakannya.

Selama masih berjuang untuk menjalani untuk ‘menyembuhkan’ hubungan ini, aku perlu bekal 2 hal:
1. Courages, keteguhan hati
2. Morale , semangat   ( i really need this )
Di lain kesempatan , saya akan coba jabarkan kedua hal di atas.

Post ini hanya tuangan pemikiran di malam ku galau. semoga ada sepetik dua petik kata yang bisa bermanfaat buat pembaca.
Buat dek ku yang sudah tidur..seandainya kamu sampai di post ini… ini hanya curahan hati, bukan bermaksud untuk menimbulkan kesalahpahaman. Just a share.
GBU.

Penyebabnya adalah….aja nanti ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

KETEGASAN, perlu dalam pengambilan keputusan

Bila mengutip dari kamusbesar.com, TEGAS memiliki arti jelas dan tidak ragu-ragu; pasti;tentu.

Saat saya menghadapi situasi sulit untuk mengambil keputusan, banyak faktor yang harus kupertimbangkan agar bisa sampai pada suatu keputusan. Satu diantaranya adalah KETEGASAN. Jika sudah sampai mengambil keputusan, sudah mustinya keputusan itu diambil secara mantap, tidak ragu-ragu.

Sebagai contoh saat kita mau memilih satu diantara 2 jalan , LEBAR atau SEMPIT. Keputusanku harus
JELAS:, maksudnya kita tahu milih jalan LEBAR atau SEMPIT. orang lain pun bisa tahu saya itu mengambil jalan LEBAR atau SEMPIT.
TIDAK RAGU-RAGU : dengan mantap dan kalau perlu cepat segera melangkah untuk masuk ke jalan LEBAR ( misalnya kalau saya pilih jalan LEBAR). jangan tunda-tunda, melangkah gak ya… ntar dulu deh..eh langkah aja deh. Itu ragu-ragu namanya.
TENTU : setiap keputusan yang ku pilih, akan menghadapkanku  kepada suatu konsekuensi-konseskuensi dari masing-masing pilihan itu.
maksudnya begini, aku pilih jalan LEBAR, konsekuensi yang kuhadapi ya aku tidak akan melihat pemandangan di sekitar jalan SEMPIT, begitu juga sebaliknya. Dan mungkin konsekuensi2 lainnya. Tidak bisa saya menikmati pemandangan LEBAR, dapat juga pemandangan SEMPIT.

Jelas gak pembaca ya.. Ah mungkin contohnya gak enak .. Kita ambil contoh percintaan aja, masa kuliah dulu. ( Bagi yang pernah kuliah …. eh salah bagi yang pernah jatuh cinta). Wkwkwk

Contoh kasus, saya sedang menghadapi 2 pilihan gadis yang aku suka.
(Biasanya nyari satu aja aku kesulitan, ya tapi ini kan permisalan)
saya akan jelaskan dengan panjang dan lebar, jadi pembaca siapkan popcorn kalian ya.

Suatu kisah, saya mendekati gadis bernama LUNA dan MAYA. Kepada kedua gadis ini saya merasa cocok ,dan sudah dekat satu sama lain.
Ke LUNA kami sering telpon-telponan, dah bahkan sudah membicarakan pernikahan ( gila mak… ) . Keluarga sudah saling mengenal. Kami tinggal berbeda kota. Saya kan di Lecce, kota kecil di negerinya Del Piero , Itali. Sementara LUNA ( setengah-pacar ku ini) tinggal di Jakarta, ibukota suatu negara makmur, Indonesia. Jadi ceritanya , cinta jarak jauh neh… mencoba melawan mitos bahwa ‘LONG DISTANCE RELATIONSHIP is impossible’. Keluargaku dan dia sudah saling mengenal. Komunikasi kami baik, menurut saya sih.. tapi menurut orang-orang ( normalnya) tidak sehat,akupun sedikit mengakuinya juga. Namun aku mencoba mengingkarinya. Namanya juga cinta 🙂 . Sering kami ribut, pada satu permasalahan yang sama. Yaitu tiap kali kami membahas masalah tempat tinggal kami yang berbeda kota ini. LUNA ku ini tidak mau pergi dari Jakarte, sementara saya sudah pasti tidak bisa meninggalkan Lecce. Banyak hal yang membuatku tidak bisa meninggalkan Lecce. Misal, jaringan bisnis sol sepatu asli kulit badak, yang aku rintis sangat membutuhkan pengawasan langsung dari ku. Sementara si LUNA sudah di kontrak  Perusahaan MINYAK TERBESAR SEDUNIA, TOTAL.  Jadi sementara ini situasi hubungan saya dan LUNA : cukup rumit dijelaskan; complicated;gantung; bahasa sastranya telur bebek diujung tanduk.

Dilain sisi, hubungan saya dengan MAYA adalah sebagai berikut.
MAYA tinggal di Lecce, jadi kami berada satu kota. Dia baru pindah dari suatu kota kecil, Salatiga.  Beberapa bulan ini kami sudah dekat. Dan tentunya bara api diantara kami lebih kuat bila dibandingkan saya dengan setengah-pacar ku itu. Komunikasi kami mulai lancar. Saya mulai mengetahui sifat-sifat dia. Keluarganya aku mulai kenal. MAYA saya lihat merupakan  tipikal orang yang berkomitmen, tulus, tegas ( ini yang nantinya ada hubungan dengan pembahasan post ini ), pengertian, dan….pokoknya aku mulai suka deh.
Dia begitu men-spesialkan diriku. Mungkin karena faktor lokasi yang berdekatan, sehingga aku lebih merasa dekat dengan MAYA.
Saya merasa mendapat support, perhatian dari dia. Kumerasa istimewa berada dekat dengannya. Ditengah kesibukan mengelola bisnis ALAT-ALAT OLAHRAGA, dia selalu ada buat ku…. (menurutku ya… wong sekali lagi namanya juga cinta ).

Beberapa minggu telah berlalu saat aku mencoba menjalani hubungan dengan LUNA dan MAYA ini diwaktu yang bersamaan. Sampai akhirnya aku tiba di ujung jalan, untuk mulai memutuskan mana jalan yang harus kupilih eh…siapa gadis yang harus kupilih.

Pilihan cukup sulit buatku… buat pembaca juga pasti sulit juga kan.
Kedua nya tampak oke. Kami dekat, cocok, saling mengenal, masing-masing memiliki faktor kelebihan dan kelemahan. ( kita tidak bahas, faktor2 lain itu).
Keputusan harus aku ambil, LUNA atau MAYA.

Seperti yang saya bahas di atas. Keputusan sangat membutuhkan KETEGASAN. Dihadapan kamus besar, dunia psikologi, dan di hadapan Tuhan, saya sampaikan ya kepada pembaca : KETEGASAN perlu dalam mengambil keputusan.

(masih inget arti TEGAS kan?!)
Jangan RAGU-RAGU.
Bila aku ragu-ragu, untuk memilih satu diantara keduanya… itu jelas buruk. Saya justru bisa kehilangan keduanya. Bila sudah dihadapkan pada situasi memilih, mulailah memilih.
Jangan ragu-ragu, jangan sempat berpikir kelamaan pilih gak ya…. yang mana ya….
Start, go, mulai untuk memilih. Jangan ditunda. Kalau ditunda-tunda, bisa jadi mereka berdua malah sebal dengan ku. Seperti pepatah orang barat bilang, jangan kejar dua kelinci, kamu bisa kehilangan keduanya. Mulai pilih satu. Ragu pasti membawamu kedalam kehancuran… terlalu ekstrim mungkin ya.. Ragu pasti membawamu kesituasi yang lebih buruk. Sama seperti ini : Keraguan tidak akan membuat situasi lebih bagus atau lebih indah. So…start to decide guys.

Musti JELAS.
Artinya bila aku memilih LUNA, musti jelas aku PILIH LUNA. teman,keluarga, dan bahkan si MAYA tahu aku memilih LUNA. Itu namanya jelas.  tidak abu-abu, orang bisa melihat dan tahu pilihan kita. Ini namanya jelas, kejelasan sikap.
Sikap secara perlahan akan membentuk karakterku. Yang pada akhirnya karakter akan menentukan nasibku. Attitude will create character, your character will bring destiny to you…. aku lupa sapa yang ngomong kata bijak ini. Yang pasti sering dikutip di buku-buku psikologi.

TENTU ada konsuekensi2.
Aku harus siap dengan konswekensi dari pilihanku. Salah satunya adalah kalau aku memilih LUNA, berarti aku siap pindah ke Jakarte…namun aku harus rela melepas MAYA. Atau kalau aku pilih MAYA, ya aku tidak dapat LUNA. Konsekuensinya jelas, pilih satu lepas yang lain. Tidak bisa dapat keduanya. Terlebih aku tahu, lunamaya  eh LUNA & MAYA tipikal orang yang tidak mau diduakan. Terlebih si MAYA ini, aku tahu banget dia mana mau yang begituan. Tapi ya aku maklum, sepertinya gak ada yang mau diduakan.
Yang namanya hubungan special dengan seseorang perlu rasa mengistimewakan.. sementara istimewa identik/dekat dengan yang namanya kamu lah satu-satunya… yang bisa membuatku melayang 🙂   .

PASTI ini pilihanku
Maksudnya, pilihanku ini tidak berubah lagi nantinya. Pasti ini. Misal aku pilih MAYA semestinya dia akan merasa tenang dalam menjalani hubungan kedepan, karena dia yakin PASTI aku tetap memilihnya, pilihanku tidak berubah.

Maaf, saya tidak membahas gadis mana yang akhirnya kupilih.. Karena ini bukan diary tapi blog.. Kalau saya lanjutkan ceritanya blog saya bisa dibanned ama adminnya WordPress. 🙂
Namun saya yakin, share saya ini bisa membantu pembaca juga yang menghadapi situasi pengambilan keputusan. Semoga tulisan ini bisa menjadi sedikit berkat buat yang lain.  Dengan itikad baik, pagi ini aku menulis postingan ini, semoga ada buah baik pula yang bisa dipetik pembaca. Semoga lah ya.
Oya saya pernah juga menulis tentang pengambilan keputusan. Mungkin pembaca mau melihat juga, silahkan.  . Jangan RAGU, kalau mau click ya buruan click.  Ngeclick juga merupakan pengambilan keputusan lho , ayo belajar mengambil keputusan  dengan TEGAS.

Salam sukses selalu ya, terima kasih.
Selamat pagi.
God Bless us all, ‘ Do the right things, come what may’.

Ketegasan, perlu…keputusan ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , , , , , , , , | 3 Comments

Bila ENGKAU pandang baik

Bukan pertama ini aku menyanyikan lagu bersama saat di mobil
Tapi kali ini bersama dia
meski aku tidak jago menyanyi
..saat mencoba menyamakan suara
..mendengar suaranya yang natural
..curi pandang saat dia melantunkan lagu
..mencari lirik di browser hp
..menyamakan lagu kesukaan
semua terasa berbeda


Malam terasa indah, meski tak kulihat bulan indah di tempatnya

akankah momen itu bisa terulang lagi
terulang kembali dengan durasi yang lebih lama
Tapi tak mungkin…! Karena bersamanya semua terasa singkat.
Einstein yang menciptakan teori relativitas
tapi aku yang merasakan sendiri bahwasannya relativitas waktu memang ada
Bersamanya lama terasa singkat ; sebentar terasa belum

Aku bahkan sedikit tak peduli dengan jarak aman antar mobil saat itu.
entah kenapa disitu aku bahkan tak peduli senggolan mobil demi sekilas waktu buatku memandang wajah nya dari samping.
Namun akal sehatku masih bekerja
aku harus terlebih dahulu mengendarai mobil dengan baik dan selamat
kalau aku ingin memiliki kesempatan lagi
..kesempatan untuk  memandang hidungnya yang belum pernah ada kulihat di dunia
..untuk membelai kepalanya
..untuk merasakan yang aku belum tahu seberapa lembut rambutnya
..untuk menyentuh ujung jarinya yang ramping dan dingin

Tuhan tolong beri kesempatan itu bila memang ENGKAU pandang baik buat kami berdua miliki.
Buat kami berdua.
Bila baik ENGKAU pandang.
Tapi bila tidak, beri aku KESANGGUPAN untuk menerimanya.
yang pasti kali ini aku bukan mabuk perjalanan..namun mabuk oleh daya asmara
Kutunggu……
kesempatan itu dimana ENGKAU pandang baik buat kami.

Bila ENGKAU pandang baik ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , , , , | 1 Comment

Mengeluh atau bersemangat adalah suatu pilihan

Mengeluh atau bersemangat adalah suatu keadaan mental kita yang ditentukan oleh keputusan kita saat itu. Jadi ia adalah suatu pilihan.
“Mentality is a state that determined by your decision. So it is an option. Lead your brain and heart to choose the wise one.” Do giordano, Lecce, 2012.

Sering kali keadaan sepertinya mendesak kita terlalu keras dari berbagai arah. Problem a belum selesai, datang si b memaksakan kehendak, tubuh yang diserang sakit c, belum lagi pekerjaan yang menghimpit, itu semua kadang membuat kita jatuh ,apalagi bila datang bersamaan.

Suatu keadaan yang sangat berat pernah aku lalui, dimana aku mengalami kegagalan hebat dari sesuatu yang aku kerjakan, disaat itu pula orang yang kuanggap dekat dan kupercaya,serta kuanggap kekuatan moril mengkianatiku pula. Dari banyak kacamata manusia normal, aku seperti merasa memiliki hak untuk jatuh/down secara mental. Namun, apakah itu akan membuat keadaan di depan lebih baik. Aku putuskan hanya beberapa hari saja untuk down. Setelah itu kuputuskan untuk bangkit, karena aku memiliki sumber kekuatan dari Atas dan tangan yang menopang. Dan tangan itu tidak akan bisa meraih ku kalau aku hanya menunggu, setidaknya aku perlu proaktif untuk mengulurkan tanganku pula untuk menyambutNya. Ora et labora. Dan pada akhirnya aku bisa bangkit dan menang dari tantangan yang kuhadapi itu, bahkan menurutku aku melewatinya dengan dahsyat. Karena NYA tentunya.

Baru baru ini salah satu famili, bibi tua ku baru selesai operasi kanker di rahim. Operasi telah berlangsung lancar dan sukses. Dan seperti biasanya memerlukan masa recovery selama kurang lebih 2 bulan.
Justru di masa recovery ini ia jatuh secara mental. Mulai kehilangan semangat dan merasa kenapa hal itu menimpanya.  Banyak yang sudah menguatkannya. Namun sepertinya belum ada kemajuan.
Satu waktu aku mengunjunginya, sambil berkata dalam hati semoga aku bisa menjadi arti baginya saat aku mengunjunginya.
Di sana aku tanyakan, apakah sih sebenernya yang paling menyiksanya saat ini. Pertanyaan itu aku lontarkan pertama, karena menurutku informasi awal agar aku bisa melanjutkan dengan masukan/saran yang tepat nantinya. Namun justru sepertinya pertanyaan itu begitu berarti baginya. Sambil kaget dan tersenyum ia berkata : “sebenernya saya sering merasa mual dan lemas-lemas..capek aku hanya bisa tidur-tiduran “.

Aku langsung dapat menyimpulkan bahwa bibi ku ini hanya mengalami masalah mental.. Bukan lagi sakit fisik, tapi mental nya ini yang perlu di kuatkan. Di sini yang saya bisa katakan, beliau salah satu contoh orang yang mengambil keputusan tidak tepat untuk membentuk keadaan mentalnya menjadi “terpuruk. Ia memilih untuk mengeluh dari pada bersemangat.

Kemudian dengan pilihan kata dan tanpa maksud sok memberi nasihat, aku utarakan bahwa itu kalau hanya mual dan lemas itu hal sepele, tidak semestinya bibi jatuh atau mengeluh seperti itu. Kemudian aku sampaikan bahwa di luar sana masih banyak orang yang merasakan sakit, perih , nyeri , terbaring di rumah. Di banding keadaannya, ia mustinya lebih bersyukur. Dan beliau mengatakan senang dengan masukan yang kuberikan, tidak menggurui dan tepat pas dengan kondisi yang dialaminya. (Holy Spirit who’s spoken).

Setelah beberapa cerita yang memovitasinya , kemudian kami berdoa.. bibi memintaku yang berdoa. Kemudian kami berdoa, ku minta pada Tuhan untuk memberinya semangat karena biar lah bibi ini sadar bahwa masa recovery ini sudah menjadi tugas ia sendiri untuk pulih..bukan lagi tugas dokter tapi ia sendiri. Perannya lah yang diperlukan saat ini.

Sungguh luar biasa, keesokan harinya ku dengar kabar bibi itu tidak jadi ke dokter, padahal sebelumnya bermaksud ke dokter. Dan bahkan sudah memilih untuk membuka pintu tokonya, dan mengasuh cucunya. Tuhan memberinya kekuatan mental.

Saya yakin, bibi telah memilih untuk tidak terus mengeluh. Namun  memutuskan sikap mentalnya untuk bangkit dan bersemangat. Dan itu yang yang akan membuatnya tambah sehat. Bukankah hati yang gembira adalah obat. Dan ini terbukti juga dari segi medis lho.
Semoga cepat sembuh dan semangat terus bi jangan terjatuh lagi.

Mari putuskan dengan bijak suasana hati kita. Sangat enak untuk mengeluh… namun  sikap itu bukanlah jawaban dan tidak membawa kebaikan apapun dari situasi yang kita hadapi. Aku mau belajar terus untuk memilih sikap mental bersemangat dan dewasa. Dengan bersemangat dapat memperbesar kemungkinan buat kita untuk menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.  Dan kita pun lebih bertenaga untuk mengatasi kendala yang kita hadapi. Tuhan tolong dewasakan aku.

Semoga pembaca juga bisa mendapat kekuatan dan berkat dari post ini.

GBU.

Link

1. Gambar mengeluhataubersemangat

Mengeluh atau bersemangat….. ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , , , , , | 2 Comments

Apakah ini namanya jatuh cinta

Duh duh aku kangen berat ma dia
apa ini namanya jatuh cinta
resah gelisah
galau
gak konsen
gak fokus
selalu ke dia pikiranku
apa ini namanya jatuh cinta
aku lupa-lupa ingat rasanya jatuh cinta

o bulan tolong gambarkan dirinya dipermukaanmu
agar bisa kutengok dari loteng rumah
apakah ini…
aku lupa-lupa ingat rasanya

suaranya pun kuingin dengar malam ini
o daun tolong bisikkan suaranya
agar samar kudengar
apakah ini…
aku lupa-lupa ingat.

 Apakah ini namanya….cinta; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , , , , , , , | 4 Comments

Serangan jantung yang mereka alami membuatku aware untuk hidup sehat

Bahaya Serangan Jantung membuat ku waspada untuk tetap hidup sehat.

Kembali  kita dikagetkan dengan tiba-tiba meninggalnya seorang artis. Kali ini Ade Namnung, yang mengalami serangan jantung.

Bila melihat (mohon maaf ) kondisi fisiknya yang memang tambun… tentu ia rentan mengalami gangguan jantung.  Karena serangan jantung salah satunya berkaitan dengan berat badan berlebih. Sempat merasa sedih juga ketika saya melihat beritanya di detik.com. Saya tahu almarhum di acara lawakan di TV , TAWA SUTRA.. lucu, dan memang orangnya terlihat asik, tidak sombong.  Semoga sifat baiknya bisa menjadi teladan bagi yang ditinggalkannya.
Turut berduka kepada keluarga yang ditinggalkan,semoga mendapat penghiburan dan kekuatan.

Artis-artis lain yang mengalami serangan jantung adalah :

1. Ida Kusuma, akhir 2010
2. Adjie Massaid, akhir 2011
3. Ayah dari Josua, awal 2011
4.  Zainuddin Mz, 2011
5. Kang Ibing, 2010
Tidak semua orang yang mengalami serangan jantung memiliki kondisi tubuh dengan berat badan berlebihan. Dan bahkan kini tidak lagi menyerang orang yang berumur lanjut, yang muda pun bisa terserang. Banyak faktor yang menjadi pemicu serangan jantung.
Pernah juga saya melihat langsung ketika paman saya mengalami serangan jantung dan beberapa hari kemudian menghembuskan nafas terakhir.

Kejadian-kejadian yang dialami mereka di atas membuat ku semakin aware untuk memiliki pola hidup sehat. Memang nasib kita ditentukan dari atas. Namun kita diberikan hak menentukan pilihan untuk memilih bagaimana menjalani hidup ini dan tentunya bagaimana berakhirnya.
Sebisa mungkin aku ingin mencoba hidup sehat, syukur-syukur nantinya bisa terhindar dari penyakit jantung.
Berikut hal-hal yang aku coba lakukan untuk memiliki tubuh sehat dengan harapan mendapat banyak hal positif yang salah satunya mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung.
1. cukup tidur
7-8 jam waktu tidur sebaiknya aku dapatkan agar badan terasa fit. Dan 7-8 jam ini didapatkan secara non stop, artinya tidurnya tidak terputus. Jadi kalau tengah malam terbangun karena suara kucing mengeong atau sms masuk ya hangus deh jam tidur yang kita lalui sebelum itu. Di kasus Adjie Massaid, besar kemungkinan karena almarhum memiliki jam tidur yang kurang ( dari artikel yang saya baca). Orangnya sibuk, atletis, tetapi sepertinya jam tidurnya tersita oleh kesibukannya.

2. No smoke .
Sudah jelas sekali bahwa dengan tidak merokok akan menghindarkan tubuh kita dari ratusan zat beracun dari tubuh kita. Tidak banyak orang yang sadar atau mau tahu akan hal ini: ratusan, sekali lagi ratusan zat beracun masuk tubuh kita lewat aktifitas penghamburan duit yaitu merokok.  Ini resmi dari segi ilmiah lho.

3. No drug.
Wuw, jelas efek yang lebih berbahaya dari merokok.

4. No drink
Bukan maksudnya tidak minum air,  tapi maksudnya minuman beralkohol kita hindari.
Di sini sebenarnya masih ada kaitan juga dengan kafein ( kopi). Kopi masih diperdebatkan apakah lebih banyak positif atau negatifnya. Namun karena jelas kafein mengandung candu dan juga efek kafein yang memicu kerja jantung menjadi berat, maka saya memilih untuk tidak menyeruputnya. So… I say no to kafein.

5. No women
Terlihat tidak nyambung., tapi nyambung lho…coba misal pas lagi maen gem tiba-tiba aku ditelpon seorang bapak marah-marah : KAMU SUDAH BUAT ANAK KU HAMIL, TANGGUNG JAWAB ATAU MATI KAU!!!
kan bisa kena serangan jantung gue. 🙂
Tapi penjelasan medis nya juga ada lho…gak usah aku bahas deh. Banyak kasus, orang yang sudah berumur meninggal di ranjang 🙂

6. Berolah raga cukup.
Dari dulu saya coba rutin berolah raga. Renang, bela diri, jogging, bulutangkis, pernah saya jalani . Di mulai sejak jaman kuliahan dulu.
Sekarang ini setelah buka usaha, waktu libur hanya hari minggu. sehingga waktu olah raga ku semakin berkurang. Jogging tidak sanggup lagi kujalankan. Berganti ke pencarian keringat lewat barbel dan sansak tinju. Untuk yang terakhir ini, itu olah raga baru ku. Yang saya rasa amat sangat efektif untuk mencari keringat, dahysat bro. Dan terlebih lagi bagusnya adalah dengan bertinju bisa menjadi sarana untuk membuang energi emosi berlebih yang ada di dalam tubuh.

7. Makan berimbang dan rutin
3x sehari itu sudah mutlak perlu buat tubuh. Dan jangan 6x sehari ya.
Saya memperhatikan juga apa yang disantap …tidak melulu mengikuti kegemaran tapi dikontrol. Saya sih suka B2, tapi tetap direm makannya.
Sayur selalu kuusahakan ada di santapanku.

8. Banyak gerak.
Dengan banyak gerak, penumpukan kolesterol bisa terkurangi. Dan melancarkan peredaran darah, sehingga mengikis sesuatu yang mencoba untuk mengendap di arteri jantung.
Saya termasuk tipikal orang yang rajin ( bukan sombong tapi jujur promosi 🙂  ) . Ditambah pula shio ku adalah Kuda, sehingga saya memiliki karakter pekerja keras, mendukung untuk banyak aktifitas ataupun gerak.
Hal ini membawa efek buruk juga buatku, dimana saya sering kurang istirahat karena gak bisa diem sehingga sering terlalu letih . Saat letih daya tahan tubuh menurun, yang akibatnya flu berhasil menyerang badanku. Makanya sampai sekarang penyakit yang sering menyerang ku hanya satu itu, flu. Kalau lagi parah bisa seminggu sekali. Syukur akhir2 ini mulai jarang.

9. Tidak stress.
Saya baru tahu juga, ini dari artikel wikipedia  yang aku baca,   bahwa stress menjadi penyebab serangan jantung juga. Syukurnya saya termasuk orang yang tidak stress.  Masih hepi lah.

Semoga aku bisa tetap sehat. May God bless me with a good health.

Link :

http://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_jantung
http://majalahkesehatan.com/manfaat-kopi-bagi-kesehatan/ 

Serangan jantung….tetap aware ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Tagged , | 2 Comments

Ha.!!!! Merokok itu tidak dosa ?!!!! Ngawur apa ya..

Minggu pagi sepulang dari gereja, rasa gregetan sidikit membara di hati. Penyebabnya bukan karena kotbah pendeta yang terlalu lama, atau doa syafat yang terlalu banyak dan lama sehingga mengurangi waktu bebasku untuk maen game atau melakukan hobi, ataupun bersantai santai.

Namun ada hubungannya dengan apa yang dibahas oleh sang pengkotbah, tentang merokok.

Saya anti sama namanya rokok. Bagiku bodoh kalau itu tidak bisa lepas dari rokok. Sudah jelas dari segi medis, merokok itu MUTLAK merugikan kesehatan. Namun memang sih.. kalau bicara skala rohani saya memahami rokok itu masih diperdebatkan apakah masuk dosa atau tidak. Saya sih menyesuaikan saja dengan level rohaniku yang tidak tinggi-tinggi banget, saya ambil tengah: mengingat pandangan medis tadi, maka merokok tidak berguna dan jelas merugikan kesehatan; dan Paulus meminta kita meninggalkan apa yang buruk dan tidak berguna, tetapi lakukanlah apa yang baik, yang kudus dan yang bermanfaat. so… I say no to smoke.
Mengenai ada yang merokok saya maklum, kita semua memiliki kekurangan dan masing-masing memiliki hobi atau ‘candu’ nya masing2. Seprti saya masih ‘candu’ nge-game. Mungkin mereka yang belum lepas dari rokok, ya itulah ‘candu’ mereka.

Kembali ke apa yang ada di minggu pagi itu…
Setelah panjang lebar menjelaskan kotbahnya, yang saya rasa cukup baik, beliau memberikan satu kata kesimpulan :
MEROKOK ITU TIDAK DOSA.

Itulah yang membuat saya gregetan. Sampai pulang dan duduk di rumah pun masih , dongkol juga.
Terlintas di kepala koq bisa beliau mengatakan hal itu dengan jelas. Saya bukan bermaksud sok dengan merasa benar, bukan itu. Karena saya tahu diri, memang jelas beliau pengalaman rohaninya di atas saya.
Namun toh saya pikir , tentang rokok ini kan masih diperdebatkan apakah dosa atau tidak. Koq sudah seolah 0lah curi start mengajarkan dengan melontarkan kata :merokok itu tidak dosa.

Sebenarnya yang saya sulit menerimanya adalah kepada siapa beliau mengatakan nya (merokok tidak dosa). Gereja tempat saya kebaktian ini, adalah gereja suku yang terletak di kota kecil, bahkan masih kampung lah kalau saya bilang. Jemaat nya jelas mayoritas pendidikannya bukan sarjana, dan intelektualitas rohaninya masih ‘tidak tinggi’. Apa jadinya kalau mereka yang keadaannya seperti itu dicecoki dengan pengajaran MEROKOK ITU TIDAK DOSA. Makin terjerumus lah mereka ke dalam rokok. Belum lagi ada remaja, atau anak-anak yang mendengar itu. Tentu mereka merasa mendapat pembelaan untuk tetap stay in track : smoking, yang sayangnya track mereka adalah it is the wrong track.

Apa beliau tidak bisa melihat kondisi jemaat di sini, saya saja belum ada setahun di sini bisa   koq melihat bahwa jemaat di sini belum bisa berpikir kritis untuk menghadapi dilema mengenai problema merokok ini.

Minggu pagi itu sebenarnya sudah berlalu beberapa bulan..namun gregetannya masih melintas di kepalaku malam ini, sampai aku tuang di blog ini.

Kata itu sudah terucap…., perkataan seperti angin, sekali lewat sudah sulit untuk menjaringnya. Sayang sekali menurut saya… pantes saja lah  cukai rokok masih menjadi salah satu pendapatan terbesar pemerintah daerah dan pusat. Semoga masih ada filter ataupun hal supranatural yang bisa menjaring atau membentengi kata itu dari orang-orang yang belum bisa berpikir kritis.

Seandainya kata itu bisa diperhalus…. tentunya mereka tidak mendengar MEROKOK ITU TIDAK DOSA. namun menjadi kata yang lebih halus…..

Atau…
Seandainya kata itu diucapkan kepada orang-orang yang siap untuk mendengar dan menimbangnya sesuai pendidikan dan intelektualitas rohaninya ; berpikir kritis.

Akhir dari penuangan pemikiran saya, yang dari awal maksudnya bukan menjudge tapi pengharapan, berujung dengan merubah judul post lebih tepatnya menjadi: MEROKOK TIDAK DOSA; bagaimana dengan bijak menyampaikannya kepada jemaat yang tepat. 

May God touch people with cigarette in their finger.

Ha..!!! Merokok itu tidak dosa…..pa ya… ; by Dody Yordan

Posted in Rohani | Tagged , , | 8 Comments

NAPOCLEAN _ medan : pembersih keramik yang ampuh dan aman

Bagi para pemilik rumah ataupun cleaning service yang memerlukan pembersih keramik yang dapat diandalkan, dapat mencoba pembersih keramik NAPOCLEAN.

Napoclean ampuh dan aman bagi keramik. Karena tidak mengandung HCL yang dapat merusak nat keramik.


Dengan kinerja dan hasil dari penggunaan NAPOCLEAN, maka Pembersih Keramik dan Pembersih Kerak NAPOCLEAN merupakan sebuah kabar gembira untuk anda para pengelola sekolah dengan sistem asrama semisal pondok pesantren, boarding school, akademi kebidanan dan lain-lain, atau pengelola rumah sakit, hotel, motel, penginapan, pusat pendidikan dan latihan, pabrik, perusahaan penyedia jasa kebersihan, universitas, kantor, rumah ibadah, WC umum dan lain sebagainya!
9 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih NAPOCLEAN
1. Tidak mengandung HCL
2. Tidak merusak keramik
3. Tidak merusak nat ( sambungan keramik )
4.Hanya perlu di kuaskan ( bukan disikat )
5. Tidak perlu menunggu ( tuang, langsung di kuas )
6. Lebih efektif dan efisien
7. Lebih hemat ( Karena bisa dicampur dengan air )
8. Aroma Lemon ( tidak menyengat hidung )
9. Dijamin Anda Puas

Napoclean kini sudah dapat anda peroleh di toko PURNAMA KERAMIK, yang berlokasi di pancur batu, 1 km dari medan tuntungan.

Tersedia 2 macam kemasan

– kemasan 1 liter

– kemasan 500ml

Terima kasih.

Dody Yordan

PURNAMA KERAMIK
JL. jamin ginting 9-10
pancur batu ( 1 km dari medan tuntungan).

061-69665665

1. Napoclean Indonesia
2. Video demo napoclean
3. You tube video demo napoclean
4. Napoclean di yahoogroup_Andrybekasi

NAPOCLEAN _ MEDAN…. aman ; by Dody Yordan

Posted in Listen to my heart | Leave a comment

Taman suropati_menteng jakarta

Lokasi : Taman Suropati, Menteng, jakarta.
Dijepret sekitar bulan Agustus 2008
Kamera : Fujifilm Finepix F40fd

Sewaktu masih bekerja di grup gramedia dan ngekos di Matraman, saya biasanya tiap sabtu pagi jogging di taman suropati. Taman ini menurut saya mantap benar. Lokasi ditengah kota, tidak jauh dari tempat saya tinggal, taman yang dipenuhi oleh pohon rindang, banyak orang2 yang secara rutin terlihat beraktifitas di taman tersebut. Kalau sore taman ini biasa menjadi tempat duduk-duduk, baik yang pacaran, baca-baca, ataupun menghabiskan waktu dan rokok.

~~~

Bagi yang suka makan tahu gejrot bisa mencarinya di taman ini. Baik pagi atau sore, pedagang tahu gejrot dan minuman hangat mudah dijumpai di sana.

Beragam aktifitas dilakukan orang-orang di sana di sabtu pagi. Dengan satu tujuan, agar hidup yang lebih baik. Bisa berolahraga, rekreasi, jualan, cari udara segar dan lain lain.

Ada banyak burung merpati lho di taman suropati. Bagi yang suka memberi makan ke burung, bisa melakukannya di sana.
Suasana di seberang taman suropati:

Patung diponegoro, tepat di seberang depan taman suropati.

Di kejauhan tampak bangunan gereja GPIB Paulus, Menteng. Jemaat yang baru bubaran kebaktian kalau mau ngadem tinggal menyeberang sedikit sudah berada di tempat sejuk taman Suropati. Pernah juga saya kebaktian di gereja itu, enak suasananya, walau memang jemaatnya sudah kebanyakan (tempat tidak memadai).

Bagi yang suka merenung atau mau menjadi pilosoper, tempat ini juga cocok melakukan itu. Di taman itu saya sering memikirkan rencana atau kegiatan apa yang bisa aku lakukan di akhir pekan. Kadang juga menjadi tempat untuk berpikir apakah ada satu hal positif atau perubahan yang bisa kita lakukan. Apakah saya sudah menjadi atau memiliki arti bagi kehidupan ini. Kalau di mata dunia, jelas saya belum ada memberikan apa-apa bagi dunia ini, apalagi menjadi suatu arti bagi kehidupan. Namun kuyakin dimata Ilahi kita semua memiliki arti dalam hidup ini. Biar kecil atau besar , bahkan dalam bentuk apapun kita ini sudah memberikan arti dalam hidup. Seperti daun ini , yang meskipun dalam keadaan gugur dari batangnya dan jatuh di tanah kering taman suropati, ia sudah memberi arti suatu komposisi warna dan bentuk dalam fotografi. Apalagi dipandang jauh dalam ekosistem, daun itu akan menjadi makanan bagi mahkluk hidup kecil di tanah tersebut.

Just do the right things, the good will come. Seperti kata minuman vitamin C : healthy inside fresh outside , terjemahannya: ‘ jadi kalau sempat berolah ragalah’. 🙂

(kalau yang ini difoto dari HP.)
Go go go!!!

~~~~

Link:
1. Taman suropati idjakarta.com

Taman suropati…..jakarta ; by Dody Yordan

Posted in Hobi foto | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment