KETEGASAN, perlu dalam pengambilan keputusan

Bila mengutip dari kamusbesar.com, TEGAS memiliki arti jelas dan tidak ragu-ragu; pasti;tentu.

Saat saya menghadapi situasi sulit untuk mengambil keputusan, banyak faktor yang harus kupertimbangkan agar bisa sampai pada suatu keputusan. Satu diantaranya adalah KETEGASAN. Jika sudah sampai mengambil keputusan, sudah mustinya keputusan itu diambil secara mantap, tidak ragu-ragu.

Sebagai contoh saat kita mau memilih satu diantara 2 jalan , LEBAR atau SEMPIT. Keputusanku harus
JELAS:, maksudnya kita tahu milih jalan LEBAR atau SEMPIT. orang lain pun bisa tahu saya itu mengambil jalan LEBAR atau SEMPIT.
TIDAK RAGU-RAGU : dengan mantap dan kalau perlu cepat segera melangkah untuk masuk ke jalan LEBAR ( misalnya kalau saya pilih jalan LEBAR). jangan tunda-tunda, melangkah gak ya… ntar dulu deh..eh langkah aja deh. Itu ragu-ragu namanya.
TENTU : setiap keputusan yang ku pilih, akan menghadapkanku  kepada suatu konsekuensi-konseskuensi dari masing-masing pilihan itu.
maksudnya begini, aku pilih jalan LEBAR, konsekuensi yang kuhadapi ya aku tidak akan melihat pemandangan di sekitar jalan SEMPIT, begitu juga sebaliknya. Dan mungkin konsekuensi2 lainnya. Tidak bisa saya menikmati pemandangan LEBAR, dapat juga pemandangan SEMPIT.

Jelas gak pembaca ya.. Ah mungkin contohnya gak enak .. Kita ambil contoh percintaan aja, masa kuliah dulu. ( Bagi yang pernah kuliah …. eh salah bagi yang pernah jatuh cinta). Wkwkwk

Contoh kasus, saya sedang menghadapi 2 pilihan gadis yang aku suka.
(Biasanya nyari satu aja aku kesulitan, ya tapi ini kan permisalan)
saya akan jelaskan dengan panjang dan lebar, jadi pembaca siapkan popcorn kalian ya.

Suatu kisah, saya mendekati gadis bernama LUNA dan MAYA. Kepada kedua gadis ini saya merasa cocok ,dan sudah dekat satu sama lain.
Ke LUNA kami sering telpon-telponan, dah bahkan sudah membicarakan pernikahan ( gila mak… ) . Keluarga sudah saling mengenal. Kami tinggal berbeda kota. Saya kan di Lecce, kota kecil di negerinya Del Piero , Itali. Sementara LUNA ( setengah-pacar ku ini) tinggal di Jakarta, ibukota suatu negara makmur, Indonesia. Jadi ceritanya , cinta jarak jauh neh… mencoba melawan mitos bahwa ‘LONG DISTANCE RELATIONSHIP is impossible’. Keluargaku dan dia sudah saling mengenal. Komunikasi kami baik, menurut saya sih.. tapi menurut orang-orang ( normalnya) tidak sehat,akupun sedikit mengakuinya juga. Namun aku mencoba mengingkarinya. Namanya juga cinta 🙂 . Sering kami ribut, pada satu permasalahan yang sama. Yaitu tiap kali kami membahas masalah tempat tinggal kami yang berbeda kota ini. LUNA ku ini tidak mau pergi dari Jakarte, sementara saya sudah pasti tidak bisa meninggalkan Lecce. Banyak hal yang membuatku tidak bisa meninggalkan Lecce. Misal, jaringan bisnis sol sepatu asli kulit badak, yang aku rintis sangat membutuhkan pengawasan langsung dari ku. Sementara si LUNA sudah di kontrak  Perusahaan MINYAK TERBESAR SEDUNIA, TOTAL.  Jadi sementara ini situasi hubungan saya dan LUNA : cukup rumit dijelaskan; complicated;gantung; bahasa sastranya telur bebek diujung tanduk.

Dilain sisi, hubungan saya dengan MAYA adalah sebagai berikut.
MAYA tinggal di Lecce, jadi kami berada satu kota. Dia baru pindah dari suatu kota kecil, Salatiga.  Beberapa bulan ini kami sudah dekat. Dan tentunya bara api diantara kami lebih kuat bila dibandingkan saya dengan setengah-pacar ku itu. Komunikasi kami mulai lancar. Saya mulai mengetahui sifat-sifat dia. Keluarganya aku mulai kenal. MAYA saya lihat merupakan  tipikal orang yang berkomitmen, tulus, tegas ( ini yang nantinya ada hubungan dengan pembahasan post ini ), pengertian, dan….pokoknya aku mulai suka deh.
Dia begitu men-spesialkan diriku. Mungkin karena faktor lokasi yang berdekatan, sehingga aku lebih merasa dekat dengan MAYA.
Saya merasa mendapat support, perhatian dari dia. Kumerasa istimewa berada dekat dengannya. Ditengah kesibukan mengelola bisnis ALAT-ALAT OLAHRAGA, dia selalu ada buat ku…. (menurutku ya… wong sekali lagi namanya juga cinta ).

Beberapa minggu telah berlalu saat aku mencoba menjalani hubungan dengan LUNA dan MAYA ini diwaktu yang bersamaan. Sampai akhirnya aku tiba di ujung jalan, untuk mulai memutuskan mana jalan yang harus kupilih eh…siapa gadis yang harus kupilih.

Pilihan cukup sulit buatku… buat pembaca juga pasti sulit juga kan.
Kedua nya tampak oke. Kami dekat, cocok, saling mengenal, masing-masing memiliki faktor kelebihan dan kelemahan. ( kita tidak bahas, faktor2 lain itu).
Keputusan harus aku ambil, LUNA atau MAYA.

Seperti yang saya bahas di atas. Keputusan sangat membutuhkan KETEGASAN. Dihadapan kamus besar, dunia psikologi, dan di hadapan Tuhan, saya sampaikan ya kepada pembaca : KETEGASAN perlu dalam mengambil keputusan.

(masih inget arti TEGAS kan?!)
Jangan RAGU-RAGU.
Bila aku ragu-ragu, untuk memilih satu diantara keduanya… itu jelas buruk. Saya justru bisa kehilangan keduanya. Bila sudah dihadapkan pada situasi memilih, mulailah memilih.
Jangan ragu-ragu, jangan sempat berpikir kelamaan pilih gak ya…. yang mana ya….
Start, go, mulai untuk memilih. Jangan ditunda. Kalau ditunda-tunda, bisa jadi mereka berdua malah sebal dengan ku. Seperti pepatah orang barat bilang, jangan kejar dua kelinci, kamu bisa kehilangan keduanya. Mulai pilih satu. Ragu pasti membawamu kedalam kehancuran… terlalu ekstrim mungkin ya.. Ragu pasti membawamu kesituasi yang lebih buruk. Sama seperti ini : Keraguan tidak akan membuat situasi lebih bagus atau lebih indah. So…start to decide guys.

Musti JELAS.
Artinya bila aku memilih LUNA, musti jelas aku PILIH LUNA. teman,keluarga, dan bahkan si MAYA tahu aku memilih LUNA. Itu namanya jelas.  tidak abu-abu, orang bisa melihat dan tahu pilihan kita. Ini namanya jelas, kejelasan sikap.
Sikap secara perlahan akan membentuk karakterku. Yang pada akhirnya karakter akan menentukan nasibku. Attitude will create character, your character will bring destiny to you…. aku lupa sapa yang ngomong kata bijak ini. Yang pasti sering dikutip di buku-buku psikologi.

TENTU ada konsuekensi2.
Aku harus siap dengan konswekensi dari pilihanku. Salah satunya adalah kalau aku memilih LUNA, berarti aku siap pindah ke Jakarte…namun aku harus rela melepas MAYA. Atau kalau aku pilih MAYA, ya aku tidak dapat LUNA. Konsekuensinya jelas, pilih satu lepas yang lain. Tidak bisa dapat keduanya. Terlebih aku tahu, lunamaya  eh LUNA & MAYA tipikal orang yang tidak mau diduakan. Terlebih si MAYA ini, aku tahu banget dia mana mau yang begituan. Tapi ya aku maklum, sepertinya gak ada yang mau diduakan.
Yang namanya hubungan special dengan seseorang perlu rasa mengistimewakan.. sementara istimewa identik/dekat dengan yang namanya kamu lah satu-satunya… yang bisa membuatku melayang 🙂   .

PASTI ini pilihanku
Maksudnya, pilihanku ini tidak berubah lagi nantinya. Pasti ini. Misal aku pilih MAYA semestinya dia akan merasa tenang dalam menjalani hubungan kedepan, karena dia yakin PASTI aku tetap memilihnya, pilihanku tidak berubah.

Maaf, saya tidak membahas gadis mana yang akhirnya kupilih.. Karena ini bukan diary tapi blog.. Kalau saya lanjutkan ceritanya blog saya bisa dibanned ama adminnya WordPress. 🙂
Namun saya yakin, share saya ini bisa membantu pembaca juga yang menghadapi situasi pengambilan keputusan. Semoga tulisan ini bisa menjadi sedikit berkat buat yang lain.  Dengan itikad baik, pagi ini aku menulis postingan ini, semoga ada buah baik pula yang bisa dipetik pembaca. Semoga lah ya.
Oya saya pernah juga menulis tentang pengambilan keputusan. Mungkin pembaca mau melihat juga, silahkan.  . Jangan RAGU, kalau mau click ya buruan click.  Ngeclick juga merupakan pengambilan keputusan lho , ayo belajar mengambil keputusan  dengan TEGAS.

Salam sukses selalu ya, terima kasih.
Selamat pagi.
God Bless us all, ‘ Do the right things, come what may’.

Ketegasan, perlu…keputusan ; by Dody Yordan

About Dody "doydan" Yordan

Learn to write. recently my hobby is photography. Try to start a business
This entry was posted in Listen to my heart and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to KETEGASAN, perlu dalam pengambilan keputusan

  1. yuniva says:

    Semangat terus!!!!!
    gbu

  2. YANI says:

    Makash, bwt artikelx!
    ayo tegas!..

░░░░Buku tamu, komen, pendapat, masukan, silahkan isi di bawah ya : ░░░░

