Serangan jantung yang mereka alami membuatku aware untuk hidup sehat

Bahaya Serangan Jantung membuat ku waspada untuk tetap hidup sehat.

Kembali  kita dikagetkan dengan tiba-tiba meninggalnya seorang artis. Kali ini Ade Namnung, yang mengalami serangan jantung.

Bila melihat (mohon maaf ) kondisi fisiknya yang memang tambun… tentu ia rentan mengalami gangguan jantung.  Karena serangan jantung salah satunya berkaitan dengan berat badan berlebih. Sempat merasa sedih juga ketika saya melihat beritanya di detik.com. Saya tahu almarhum di acara lawakan di TV , TAWA SUTRA.. lucu, dan memang orangnya terlihat asik, tidak sombong.  Semoga sifat baiknya bisa menjadi teladan bagi yang ditinggalkannya.
Turut berduka kepada keluarga yang ditinggalkan,semoga mendapat penghiburan dan kekuatan.

Artis-artis lain yang mengalami serangan jantung adalah :

1. Ida Kusuma, akhir 2010
2. Adjie Massaid, akhir 2011
3. Ayah dari Josua, awal 2011
4.  Zainuddin Mz, 2011
5. Kang Ibing, 2010
Tidak semua orang yang mengalami serangan jantung memiliki kondisi tubuh dengan berat badan berlebihan. Dan bahkan kini tidak lagi menyerang orang yang berumur lanjut, yang muda pun bisa terserang. Banyak faktor yang menjadi pemicu serangan jantung.
Pernah juga saya melihat langsung ketika paman saya mengalami serangan jantung dan beberapa hari kemudian menghembuskan nafas terakhir.

Kejadian-kejadian yang dialami mereka di atas membuat ku semakin aware untuk memiliki pola hidup sehat. Memang nasib kita ditentukan dari atas. Namun kita diberikan hak menentukan pilihan untuk memilih bagaimana menjalani hidup ini dan tentunya bagaimana berakhirnya.
Sebisa mungkin aku ingin mencoba hidup sehat, syukur-syukur nantinya bisa terhindar dari penyakit jantung.
Berikut hal-hal yang aku coba lakukan untuk memiliki tubuh sehat dengan harapan mendapat banyak hal positif yang salah satunya mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung.
1. cukup tidur
7-8 jam waktu tidur sebaiknya aku dapatkan agar badan terasa fit. Dan 7-8 jam ini didapatkan secara non stop, artinya tidurnya tidak terputus. Jadi kalau tengah malam terbangun karena suara kucing mengeong atau sms masuk ya hangus deh jam tidur yang kita lalui sebelum itu. Di kasus Adjie Massaid, besar kemungkinan karena almarhum memiliki jam tidur yang kurang ( dari artikel yang saya baca). Orangnya sibuk, atletis, tetapi sepertinya jam tidurnya tersita oleh kesibukannya.

2. No smoke .
Sudah jelas sekali bahwa dengan tidak merokok akan menghindarkan tubuh kita dari ratusan zat beracun dari tubuh kita. Tidak banyak orang yang sadar atau mau tahu akan hal ini: ratusan, sekali lagi ratusan zat beracun masuk tubuh kita lewat aktifitas penghamburan duit yaitu merokok.  Ini resmi dari segi ilmiah lho.

3. No drug.
Wuw, jelas efek yang lebih berbahaya dari merokok.

4. No drink
Bukan maksudnya tidak minum air,  tapi maksudnya minuman beralkohol kita hindari.
Di sini sebenarnya masih ada kaitan juga dengan kafein ( kopi). Kopi masih diperdebatkan apakah lebih banyak positif atau negatifnya. Namun karena jelas kafein mengandung candu dan juga efek kafein yang memicu kerja jantung menjadi berat, maka saya memilih untuk tidak menyeruputnya. So… I say no to kafein.

5. No women
Terlihat tidak nyambung., tapi nyambung lho…coba misal pas lagi maen gem tiba-tiba aku ditelpon seorang bapak marah-marah : KAMU SUDAH BUAT ANAK KU HAMIL, TANGGUNG JAWAB ATAU MATI KAU!!!
kan bisa kena serangan jantung gue. 🙂
Tapi penjelasan medis nya juga ada lho…gak usah aku bahas deh. Banyak kasus, orang yang sudah berumur meninggal di ranjang 🙂

6. Berolah raga cukup.
Dari dulu saya coba rutin berolah raga. Renang, bela diri, jogging, bulutangkis, pernah saya jalani . Di mulai sejak jaman kuliahan dulu.
Sekarang ini setelah buka usaha, waktu libur hanya hari minggu. sehingga waktu olah raga ku semakin berkurang. Jogging tidak sanggup lagi kujalankan. Berganti ke pencarian keringat lewat barbel dan sansak tinju. Untuk yang terakhir ini, itu olah raga baru ku. Yang saya rasa amat sangat efektif untuk mencari keringat, dahysat bro. Dan terlebih lagi bagusnya adalah dengan bertinju bisa menjadi sarana untuk membuang energi emosi berlebih yang ada di dalam tubuh.

7. Makan berimbang dan rutin
3x sehari itu sudah mutlak perlu buat tubuh. Dan jangan 6x sehari ya.
Saya memperhatikan juga apa yang disantap …tidak melulu mengikuti kegemaran tapi dikontrol. Saya sih suka B2, tapi tetap direm makannya.
Sayur selalu kuusahakan ada di santapanku.

8. Banyak gerak.
Dengan banyak gerak, penumpukan kolesterol bisa terkurangi. Dan melancarkan peredaran darah, sehingga mengikis sesuatu yang mencoba untuk mengendap di arteri jantung.
Saya termasuk tipikal orang yang rajin ( bukan sombong tapi jujur promosi 🙂  ) . Ditambah pula shio ku adalah Kuda, sehingga saya memiliki karakter pekerja keras, mendukung untuk banyak aktifitas ataupun gerak.
Hal ini membawa efek buruk juga buatku, dimana saya sering kurang istirahat karena gak bisa diem sehingga sering terlalu letih . Saat letih daya tahan tubuh menurun, yang akibatnya flu berhasil menyerang badanku. Makanya sampai sekarang penyakit yang sering menyerang ku hanya satu itu, flu. Kalau lagi parah bisa seminggu sekali. Syukur akhir2 ini mulai jarang.

9. Tidak stress.
Saya baru tahu juga, ini dari artikel wikipedia  yang aku baca,   bahwa stress menjadi penyebab serangan jantung juga. Syukurnya saya termasuk orang yang tidak stress.  Masih hepi lah.

Semoga aku bisa tetap sehat. May God bless me with a good health.

Link :

http://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_jantung
http://majalahkesehatan.com/manfaat-kopi-bagi-kesehatan/ 

Serangan jantung….tetap aware ; by Dody Yordan

Advertisements

About Dody "doydan" Yordan

Learn to write. recently my hobby is photography. Try to start a business
This entry was posted in Listen to my heart and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Serangan jantung yang mereka alami membuatku aware untuk hidup sehat

  1. sari says:

    emang iya kah yg point no 5?? lha lo women nya tll hot ya bisa sih.. hahaha… baru liat aja jantung lgs berlari kencang.. n copot deh… tp women ttp dibutuhkan lho mas.. jgn jd motto km lho!! no women terus..lonely dong.. 🙂

    • Dody "doydan" Yordan says:

      O iyalah…pasti lah Sar… aku tetep demen ama wanita, lagi nyari pun ini.
      Maksudnya no women itu kan free’skes’ gonta2i pasangan.
      🙂

░░░░Buku tamu, komen, pendapat, masukan, silahkan isi di bawah ya : ░░░░

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s